ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Sabtu, 27 Mei 2017

Untidar-Kemenkeu Kerja Sama Edukasi Keuangan Negara

| 161 Views
id untidar, kemenkeu, edukasi keuangan
Untidar-Kemenkeu Kerja Sama Edukasi Keuangan Negara
Sekretaris Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Safuadi memberikan kuliah umum di Univesitas Tidar Kota Magelang, Senin (20/3). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Dokumen Humas Untidar Kota Magelang)
Magelang, ANTARA JATENG - Fakultas Ekonomi Universitas Tidar Kota Magelang dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menandatangani perjanjian kerja sama edukasi menyangkut keuangan negara.

Penandatanganan perjanjian kerja sama kedua pihak di Magelang, Senin itu, dilakukan oleh Pelaksana Tugas Dekan Fakultas Ekonomi Untidar Kota Magelang Joko Widodo dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Safuadi.

Joko Widodo mengatakan kerja sama itu untuk menyosialisasikan program pemerintah melalui pengembangan pembelajaran akademis dan ilmu pengetahuan bidang keuangan negara.

"Khususnya pengelolaan pembiayaan dan risiko keuangan negara, sekaligus mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Pada masa mendatang, katanya, kemungkinan besar disusun dan dikembangkan mata kuliah keuangan negara, terutama pengolaan pembiayaan dan risiko keuangan.

Ia menjelaskan selain pengembangan mata kuliah, juga dilaksanakan program kegiatan layanan informasi DJPPR Kemenkeu terkait dengan pengelolaan pembiayaan dan risiko keuangan negara di lingkungan kampus.

Bentuknya, katanya, antara lain bisa berupa kuliah umum, kuliah tamu, seminar, sosialisasi, dan grup diskusi terfokus. Dukungan kegiatan akademis lainnya, seperti Kuliah Kerja Nyata Profesi, magang, penelitian atau riset akademis, dan kunjungan ke Kantor DJPPR Kemenkeu.

Rektor Untidar Cahyo Yusuf mengemukakan tentang manfaat penting dari kerja sama antara kedua pihak tersebut.

Penandatanganan kerja sama itu sebagai tindak lanjut atas penandatanganan nota kesepahaman antara Untidar-Kemenkeu pada 22 Desember 2016.

"Diharapkan kerja sama ini mengurangi gap antara lingkungan akademisi dengan praktisi keuangan di Kementerian Keuangan," katanya.

Pada kesempatan itu, Safuadi memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Untidar dengan tema "Kesiapan dan Kecerdasan Mahasiswa untuk Menghadapi Dunia Kerja di Tengah Tantangan Ekonomi Global".

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca